error, not found, 404

Cara Cepat Mengetahui Error di Excel dan Penyebabnya!

Error. Kata yang paling menyebalkan dan membuat frustrasi ketika kita mengolah data di Excel. Jika error terjadi pada rumus yang sederhana tentu tidak menjadi masalah, namun error akan sangat menyulitkan jika terjadi pada rumus yang kompleks dan panjang. Pada artikel ini, kami telah menyisipkan video pembahasan cara cepat yang bisa Anda gunakan untuk menemukan error dan penyebabnya.

Ketika menggunakan Excel, Anda pasti sudah pernah menemui berbagai jenis pesan error seperti (#DIV/0!) atau (#REF!). Pada aplikasi Excel, terdapat 7 pesan error, (#NULL!), (#DIV/0), (#VALUE!), (#REF!), (#NAME?), (#NUM!), dan (#N/A). Masing-masing pesan error ini memiliki makna yang berbeda. Dengan memahami arti dari pesan error tersebut, Anda akan lebih mudah memperbaikinya.

  • #NULL!
    Pesan #NULL! akan muncul ketika Anda memasukan rentang sel (Cell Range) yang salah. Memberikan spasi atau menggunakan pemisah argumen yang tidak sesuai merupakan penyebab yang umum. Untuk mengatasinya, Anda dapat menghapus spasi pada nama sel (contoh: A 1 menjadi A1) atau mengubah separator arugmen koma (,) menjadi titik koma (;). Separator argumen menyesuaikan dengan bahasa yang Anda pilih. Jika Anda memilih bahasa Indonesia dalam pengaturan Anda, maka separator yang digunakan adalah titik koma (;). Apabila Anda menggunakan bahasa Inggris maka separator yang digunakan adalah koma (,).
  • #DIV/0!
    Pesan error ini muncul jika Anda membagi suatu nilai dengan nol (0). Apabila error ini muncul, Anda perlu memeriksa apakah dalam perhitungan Anda ada pembagian 0 dan merubahnya.
  • #VALUE!
    Error #VALUE! muncul apabila tipe data yang digunakan tidak sesuai dengan tipe data yang butuhkan oleh sebuah rumus. Contohnya, Anda menulis rumus =(A1+A2). Apabila salah satu dari sel tersebut mengandung teks dan bukan angka, maka pesan error #VALUE! akan muncul.
  • #REF!
    Error ini muncul ketika rumus yang Anda gunakan merujuk pada referensi yang salah atau tidak valid. Error ini dapat terjadi karena terdapat kesalahan (termasuk salah ketik) ketika menginput referensi, sel referensi terhapus atau pindah, sel referensi terletak pada workbook yang berbeda dan workbook tersebut belum terbuka.
  • #NAME?
    Error #NAME? terjadi ketika excel tidak mengenali defined name  yang Anda tuliskan. Defined name adalah nama yang Anda berikan untuk sebuah atau sekelompok sel. Pada video di bawah Anda juga akan mempelajari cara memberikan nama pada sel atau sekelompok sel.
  • #NUM!
    Error ini terjadi ketika rumus yang Anda jalankan menghasilkan data numerik melebih spesifikasi excel.
  • #N/A
    Error ini disebabkan karena Excel tidak dapat memunculkan nilai dari sebuah referensi. Biasanya terjadi ketika Anda menggunakan rumus HLOOKUP, VLOOKUP, atau pun rumus lain yang berfungsi untuk memunculkan data dari sebuah referensi.

Error lain yang mungkin Anda temui adalah #####.
Error ##### terjadi karena lebar sel Anda terlalu sempit untuk menampilkan data pada sel tersebut. Anda dapat memperbaikinya dengan memperlebar sel terkait.

Setelah Anda memahami pesan-pesan error, Anda akan lebih mudah untuk memperbaiki error yang Anda temui.

Rekomendasi tutorial lainnya